BerandaBab 10­čîčRangkuman Lengkap PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka Terbaru

­čîčRangkuman Lengkap PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka Terbaru

Advertisements

jawaban Kurikulum Merdeka – Rangkuman Pembelajaran Materi PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka Terbaru membawa kita ke dalam eksplorasi sejarah “Andalusia Kota Peradaban Islam di Barat (756 – 1031 M)“. dengan menyediakan rangkuman kepada guru dan siswa, Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya mencapai Profil Pelajar Pancasila.

Bab 10 mengajarkan nilai-nilai sejarah Islam di Andalusia, menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki pemahaman mendalam tentang warisan peradaban Islam.

Rangkuman ini tidak hanya membantu siswa mencatat poin-poin kunci, tetapi juga membimbing mereka untuk merangkum materi PAI Bab 10 secara lebih ringkas. Dengan demikian, waktu persiapan penilaian dan ujian dapat dimaksimalkan, dan siswa tidak perlu menghabiskan waktu membaca dan menghafal seluruh materi dari awal sampai akhir.

Memberikan siswa akses mudah ke ringkasan materi PAI Kelas 7 Bab 10 adalah langkah cerdas dalam mendukung pembelajaran yang efisien. Dengan begitu, proses pembelajaran tidak hanya menjadi tugas, tetapi juga pengalaman yang membangun pemahaman yang kokoh tentang sejarah Islam di Andalusia.

Nah, diartikel ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami dan mengingat poin-poin penting dari bab ini. untuk rangkuman lengkapnya siswa siswi bisa melihat penjelasanya dibawah ini.

Rangkuman PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka Terbaru

Rangkuman PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka Terbaru
Rangkuman PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka Terbaru

BAB 10 : Andalusia: Kota Peradaban Islam Di Barat (756-1031M)

Pada bab 10 ini terdapat 4 poin utama sebagai berikut;

  1. Bani Umayyah di Andalusia
  2. Kejayaan Islam di Andalusia
  3. Perkembangan ilmu pengetahuan pada Masa Bani Umayyah di Andalusia
  4. Memetik Nilai Islami dalam Sejarah Bani Umayyah di Andalusia

Bani Umayyah di Andalusia

Islam masuk di Andalusia tahun 92 H. Saat itu Andalusia dikuasai oleh orang-orang Goth (Gothic). M┼źsaÔÇÖ bin Nusayr sebagai gubernur Afrika Utara mengirim pasukan yang dipimpin oleh Panglima ß╣Č─üriq bin Ziy─üd pada tahun 710 M untuk melakukan penaklukan ke wilayah ini.

Mereka tidak mendapatkan perlawanan yang intensif dari penguasa setempat. Hal ini didukung oleh situasi lemahnya politik pemerintahan dan rakyat tidak mendukungnya. Pasukan tersebut memperoleh keberhasilan pada tahun 712 M. Pasukan yang dipimpin oleh M┼źsaÔÇÖ bin Nusayr berhasil menuju Andalusia melalui jalan lain yang tidak dilalui oleh ß╣Č─üriq bin Ziy─üd dan pasukannya.

Pada tanggal 15 Mei 756 M., ÔÇśAbd al-Rahm─ün al-Dakh─źl memproklamirkan berdirinya Im─ürah Umayyah II di Andalusia (Spanyol).

Penduduk Spanyol merasa bahagia dan memperoleh kemakmuran di bawah pemerintah Islam. Umat kristiani menikmati kebebasannya dan tidak diganggu dalam melaksanakan ibadah dan kebiasaannya. Golongan Yahudi benar-benar merasakan tertolong oleh kehadiran bangsa Arab ini. Mereka menjadi merdeka dan aktif membantu bangsa Arab dalam memerintah Spanyol dan mengembalikan negeri ini ke tingkat budaya yang tinggi.

Perkembangan Islam di Spanyol dapat dibagi enam periode, yaitu:

1) Periode Pertama (711-755 M)
2) Periode Kedua (755-912 M)
3) Periode Ketiga (912-1013 M)
4) Periode Keempat (1013-1086 M)
5) Periode Kelima ( 1086-1248 M)
6) Periode Keenam (1248-1492)

Kejayaan Islam di Andalusia

Kejayaan Islam di Spanyol ditunjukkan dengan beberapa perkembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan fisik. Ilmu pengetahuan berkembang pada bidang filsafat, seni, sastra, agama, dan sains. Pembangunan Gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, masjid, pemukiman dan taman-taman menjadi pembangunan fisik yang sangat menonjol.

Pembangunan yang megah terdapat pada kota al-Zahr─ü, masjid Cordova Istana JaÔÇÖfariyah di Saragosa, masjid Sevilla, tembok Toledo, istana al-MaÔÇÖm┼źn, dan istana al-Hamr─ü di Granada.

Cordova adalah ibu kota Spanyol sebelum Islam kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah. Cordova dibangun dan diperindah.

Granada adalah tempat pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol. Di kota itu, ada sisa-sisa kekuatan Arab dan pemikir Islam. Arsitektur terkenal di seluruh Eropa. Istana al-Hamr─ü yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam.’

Beberapa bangunan dengan arsitektur Islam yang kental, seperti menara Giralda, Alcazar Sevilla, Menara Emas Torre del Oro terdapat di Sevilla. Salah satu menaranya yaitu Giralda terindah di benua Eropa. Semula, menara ini merupakan minaret atau menara mesjid. Saat ini menara tersebut beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Sevilla.

Perkembangan ilmu pengetahuan pada Masa Bani Umayyah di Andalusia

Spanyol adalah negeri yang subur. Dengan kesuburannya dapat menghasilkan ekonomi yang tinggi sehingga dapat melahirkan para cendikiawan-cendikiawan muslim. Pada bidang intelektual, ilmu astronomi, kedokteran, filsafat, matematika, kimia, dan fisika dikembangkan oleh para cendikiawan muslim. Sementara di bidang ilmu sosial, dikembangkan juga ilmu sejarah, sosiologi, dan sastra.

Kebudayaan yang paling menonjol terlihat pada munculnya para ilmuwan dengan masing- masing keahlian di bidangnya.

a. Fikih

Advertisements

Kebanyakan masyarakat Spanyol Islam menganut mazhab Maliki. Mazhab Maliki menjadi aliran fikih yang populer. Di antara ulama fikih yang terkenal adalah Ziy─üd ibn ÔÇśAbd al- Raߪąm─ün.

b. Bahasa dan Sastra

Bahasa Arab menjadi bahasa resmi dan administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol. Bahasa ini diajarkan kepada murid-murid, baik muslim maupun non muslim.

c. Bidang Seni dan Musik

Syair di Spanyol didasarkan pada model syair Arab. Syair digabungkan dengan musik. Tokoh terkenal dalam bidang seni musik, yaitu al-Hasan ibn Nāfî yang dikenal dengan Ziryāb (789- 857 M). Ziryāb selalu tampil dalam perjamuan dan pertemuan di Cordova. Ia mahir dalam menggubah lagu. Ilmunya diajarkan pada anak-anak bahkan pada budak-budak, sehingga ilmunya menjadi terkenal.

d. Bidang Filsafat

Ibn B─üjah dengan nama aslinya Abu Bakr Muhammad ibn al-S─üyig merupakan tokoh utama dalam sejarah filsafat Arab-Spanyol. Dia menulis buku terkenal, Tadb─źr al-Mutawahhid─źn. Pada akhir abad 12 M, muncul seorang ahli filsafat dalam Islam yaitu Ibn Rusyd (Averroes) dari Cordova. Ia menjadi pengikut mazhab Aristoteles dalam bidang filsafat.

e. Bidang Sains

Pada masa Spanyol Islam, ilmu-ilmu kedokteran, musik, matematika astronomi, kimia dan lain-lain juga berkembang dengan baik. Dalam ilmu kimia dan astronomi, muncul tokoh terkenal yaitu ÔÇśAbb─üs ibn Farn─üs. Ia adalah orang pertama yang menemukan pembuatan kaca dari batu. Ibr─üh├«m ibn Yahy─ü al-Naqq─üs merupakan ahli dalam astronomi.

f. Bidang Sejarah

Pada masa ini, muncul pula pemikir dalam bidang geografi dan sejarah. Tokoh ilmuwan geografi yang terkenal diantaranya adalah Abu ÔÇśUbayd Abdull─üh bin ÔÇśAbd al-ÔÇśAz─źz al-Bahri dan Abu H─ümid Muhammad al-Maz─źni. Ibn Jubair dari Valencia (1145-1228 M.) menulis tentang negeri-negeri muslim di Mediterania dan Sicilia.

Memetik Nilai Islami dalam Sejarah Bani Umayyah di Andalusia

Berikut ini beberapa hal penting yang dapat di petik dalam sejarah Bani Umayyah di spanyol:

a) Pengalaman positif dan negatif dalam sejarah dijadikan bahan untuk perbaikan dalam menjalani kehidupan dan membangun peradaban.

b) Teori-teori sejarah kebudayaan Islam dapat dimanfaatkan dan diterapkan untuk mengatasi permasalahan hidup di masa kini dan masa yang akan datang.

c) Kedewasaan dalam berfikir dapat ditumbuhkan. Hal ini mendorong cara pandang ke depan yang lebih luas, bertindak arif, dan bijaksana.

d) Mencintai dan bangga pada kebudayaan Islam masa lalu.

e) Melibatkan diri dalam pemeliharan hasil peradaban baik dengan mempelajarinya maupun mengambil manfaatnya.

f) Semangat mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan dapat ditumbuhkan.

g) Memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi.

Kesimpulan

Rangkuman Lengkap PAI Kelas 7 Bab 10 Kurikulum Merdeka Terbaru ini sangat penting untuk mendukung pendidikan yang efektif. dengan memberikan akses mudah dan merinci poin-poin kunci, kita membantu siswa memahami sejarah Islam dengan lebih baik dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif bagi siswa siswi kelas 7. dapatkan informasi rangkuman dan kunci jawaban hanya di jawaban kurikulum merdeka.

Advertisements

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

spot_img