Kamis, Juni 1, 2023

­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 160 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

-

Kunci Jawaban Halaman 160 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – Pada tahun ini kita memasuki awal tahun ajar semester 1 dan semester 2 sudah menggunakan kurikulum merdeka yang resmi diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 2021 dan diterapkan 2022.

Buku siswa yang sudah banyak beredar bisa dipelajari melalui format pdf yang dapat di unduh melalui situs resmi kemdikbud secara gratis. Hal ini dilakukan agar siswa rajin belajar tidak hanya melalui buku fisik tetapi juga buku eletroniknya.

Pada Kunci Jawaban Halaman 160 Tema 03 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2, terdapat berbagai soal yang harus dipecahkan oleh siswa. Namun, tidak semua siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan baik tanpa bantuan jawaban.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibagikan kunci jawaban dari soal-soal SMP yang ada di Halaman 160 tersebut agar dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial.

Di halaman 160 ini kita akan membahas mengenai Aktivitas Individu. Soalnya berasal dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 kurikulum merdeka pada Tema 03 Potensi Ekonomi Lingkungan.

Kunci jawaban alternatif ini bertujuan sebagai panduan belajar adik-adik di rumah maupun disekolah. Bila ditemani dengan kakak maupun orang tua saat mengoreksi isi jawaban. Lebih lengkapnya mari kita simak dibawah ini.

Kurikulum Merdeka Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Halaman 160

Lembar Aktivitas 11 Aktivitas Individu

1.Bagaimana konflik yang terjadi antara Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji?

Jawaban:

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 154 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Konflik yang terjadi antara Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji berawal dari Sultan Haji yang cenderung melakukan kerjasama dengan Belanda. Dimana dari kerjasama yang dilakukan Sultan Haji tersebut ketika Sultan Ageng Tirtayasa mengangkatnya menjadi raja pembantu pada tahun 1676.

Padahal Sultan Haji hanya dimanfaatkan oleh Belanda untuk memasuki Banten. Maka dari itulah, Sultan Ageng menarik kembali tahta tersebut. Sultan Haji tidak terima tahtanya ditarik kembali oleh Sultan Ageng.

Maka dari itulah Sultan Haji berusaha mempertahankan tahtanya dengan cara minta bantuan dan dukungan dari Belanda. Hingga pada akhirnya terjadilah perang saudara antara ayah dan anaknya. Sultan Haji yang kala itu mendapatkan bantuan dari Belanda, dapat dengan mudah mengalahkan Sultan Ageng.

Namun kemenangan yang didapatkan Sultan Haji tersebut adalah awal dari Kehancuran Banten. Padahal Kesultanan Banten kala itu sedang berjaya ketika dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Ia memerintahakan rakyat Banten untuk menyerang kepada Belanda secara gerilya.

Ketika dipimpin oleh Sultan Ageng, Banten mengalami kemajuan pesat. Saat itu pelabuhan Banten dan Sunda Kelapa dikuasai oleh Kesultanan Banten. Sekarang nama Sunda Kelapa dirubah menjadi Jayakarta atau kota kenangan.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 8 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah berusaha untuk memberikan jawaban yang tepat untuk soal-soal yang ada di halaman 160 buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7 SMP kurikulum merdeka semester 1 dan 2. Kami berharap bahwa jawaban ini dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial dan meningkatkan hasil belajarnya.

Namun, kami ingatkan bahwa jawaban ini hanyalah sebagai bantuan dan bukan sebagai satu-satunya sumber belajar. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk terus belajar dan berlatih agar dapat menguasai materi dengan baik.

Selamat belajar dan dapatkan nilai bagus dari situs ini. Terima kasih semoga dapat juara! Sumber kunci jawaban ini dikutip dari simplenews.me

FOLLOW US

0FansSuka
3,790PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Related Stories