­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 159 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

0
18
Kunci Jawaban Halaman 159 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
Kunci Jawaban Halaman 159 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kunci Jawaban Halaman 159 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – Pada tahun ini kita memasuki awal tahun ajar semester 1 dan semester 2 sudah menggunakan kurikulum merdeka yang resmi diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 2021 dan diterapkan 2022.

Buku siswa yang sudah banyak beredar bisa dipelajari melalui format pdf yang dapat di unduh melalui situs resmi kemdikbud secara gratis. Hal ini dilakukan agar siswa rajin belajar tidak hanya melalui buku fisik tetapi juga buku eletroniknya.

Pada Kunci Jawaban Halaman 159 Tema 03 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2, terdapat berbagai soal yang harus dipecahkan oleh siswa. Namun, tidak semua siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan baik tanpa bantuan jawaban.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibagikan kunci jawaban dari soal-soal SMP yang ada di Halaman 159 tersebut agar dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial.

Di halaman 159 ini kita akan membahas mengenai Aktivitas Individu. Soalnya berasal dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 kurikulum merdeka pada Tema 03 Potensi Ekonomi Lingkungan.

Kunci jawaban alternatif ini bertujuan sebagai panduan belajar adik-adik di rumah maupun disekolah. Bila ditemani dengan kakak maupun orang tua saat mengoreksi isi jawaban. Lebih lengkapnya mari kita simak dibawah ini.

Kurikulum Merdeka Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Halaman 159

Lembar Aktivitas 10 Aktivitas Individu

1.Bagaimana kedudukan Selat Muria yang menjadi pelabuhan Kerajaan Demak pada saat itu?

Jawaban:

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 152 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Selat Muria merupakan salah satu jalur transportasi dan perdagangan yang ramai dilalui pada masa Kerajaan Demak. Keberadaan Selat Murai pernah menjadikan Kota Demak menjadi kota pelabuhan yang sangat ramai dikunjungi.

Perlu diketahui bahwa Selat Muria merupakan wilayah laut yang pernah memisahkan antara daratan Jawa dengan Gunung Muria. Karena keberadaan dari selat ini, maka beberapa nama kota yang terdapat di pantura dan sekarang menjadi Jepara, Pati, Kudus, pernah terpisah di luar daratan Pulau jawa.

Ketika abad ke-17 Masehi, Selat Murai adalah salah satu jalur transportasi untuk kegiatan perdagangan yang ramai dilalui oleh masyarakat setempat. Namun seiring berjalannya waktu, Selat Murai mengalami pendangkalan. Maka dari itulah, wilayah ini menjadi daratan sampai seperti sekarang ini yang bisa kita jumpai.

Salah satu bukti peninggalan dari adanya Selat Murai pada masa itu dapat dilihat melalui situs Medang yang ada di Kabupaten Grobongan, Jawa Tengah. Dalam sebuah ekskavasi yang pernah dilakukan di sana, terdapat beberapa jejak sebuah hunian kuno dan beberapa temuan lainnya seperti keramik, fragmen gerabah, dan perhiasan berbahan emas.

Dari beberapa temuan tersebut, diduga situs Medang dulunya adalah sebuah hunian kuno yang berlokasi di sebelah atau sisi selatan Selat Muria.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 14 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah berusaha untuk memberikan jawaban yang tepat untuk soal-soal yang ada di halaman 159 buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7 SMP kurikulum merdeka semester 1 dan 2. Kami berharap bahwa jawaban ini dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial dan meningkatkan hasil belajarnya.

Namun, kami ingatkan bahwa jawaban ini hanyalah sebagai bantuan dan bukan sebagai satu-satunya sumber belajar. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk terus belajar dan berlatih agar dapat menguasai materi dengan baik.

Selamat belajar dan dapatkan nilai bagus dari situs ini. Terima kasih semoga dapat juara! Sumber kunci jawaban ini dikutip dari simplenews.me