­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 158 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

0
23
Kunci Jawaban Halaman 158 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
Kunci Jawaban Halaman 158 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kunci Jawaban Halaman 158 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – Pada tahun ini kita memasuki awal tahun ajar semester 1 dan semester 2 sudah menggunakan kurikulum merdeka yang resmi diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 2021 dan diterapkan 2022.

Buku siswa yang sudah banyak beredar bisa dipelajari melalui format pdf yang dapat di unduh melalui situs resmi kemdikbud secara gratis. Hal ini dilakukan agar siswa rajin belajar tidak hanya melalui buku fisik tetapi juga buku eletroniknya.

Pada Kunci Jawaban Halaman 158 Tema 03 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2, terdapat berbagai soal yang harus dipecahkan oleh siswa. Namun, tidak semua siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan baik tanpa bantuan jawaban.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibagikan kunci jawaban dari soal-soal SMP yang ada di Halaman 158 tersebut agar dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial.

Di halaman 158 ini kita akan membahas mengenai Aktivitas Individu. Soalnya berasal dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 kurikulum merdeka pada Tema 03 Potensi Ekonomi Lingkungan.

Kunci jawaban alternatif ini bertujuan sebagai panduan belajar adik-adik di rumah maupun disekolah. Bila ditemani dengan kakak maupun orang tua saat mengoreksi isi jawaban. Lebih lengkapnya mari kita simak dibawah ini.

Kurikulum Merdeka Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Halaman 158

Lembar Aktivitas 9 Aktivitas Individu

1.Bagaimana Karakteristik Selat Malaka?

Jawaban:

Karakteristik Selat Malaka yakni berada di antara Semenanjung Malaysia yakni di sekitar Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kemudian secara astronomi, Selat Malaka berada di antara 950BT-1030BT. Jika dilihat dari sisi ekonomi dan strategis, bisa dikatakan jika Selat Malaka menjadi salah satu jalur pelayaran paling sibuk dan terpenting di dunia.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 145 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Selain itu, posisi Selat Malaka yang menjadi penghubung antara tiga negara seperti Indonesia, Tiongkok, dan India. Terdapat sekitar tujuh puluh hingga delapan puluh ribu kapal yang melintasi Selat Malaka setiap tahunnya atau sekitar dua ratus kapal setiap harinya.

Kemudian pada tahun 2003, terdapat sekitar sebelas juta barel minyak setiap harinya yang melewati Selat Malaka dan jumlah tersebut terus meningkat. Selat Malaka memiliki lebar sekitar 1,5 mil dan ada salah satu titik yang tersempit yakni Selat Philip yang berada tidak jauh dari negara Singapura. Selat Philip juga terkenal sebagai jalur pelayaran termacet dan terpenting di dunia.

2.Mengapa Selat Malaka menjadi ramai perdagangan dan menjadi tempat yang strategis untuk perdagangan?

Jawaban:

Selat Malaka menjadi jalur perdagangan dan pelayaran yang penting bagi Nusantara karena Selat Malaka merupakan jalur laut yang menghubungkan antara China dan India. Kemudian produk dari Nusantara seperti rempah-rempah, diperdagangkan ke seluruh dunia.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 17 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah berusaha untuk memberikan jawaban yang tepat untuk soal-soal yang ada di halaman 158 buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7 SMP kurikulum merdeka semester 1 dan 2. Kami berharap bahwa jawaban ini dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial dan meningkatkan hasil belajarnya.

Namun, kami ingatkan bahwa jawaban ini hanyalah sebagai bantuan dan bukan sebagai satu-satunya sumber belajar. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk terus belajar dan berlatih agar dapat menguasai materi dengan baik.

Selamat belajar dan dapatkan nilai bagus dari situs ini. Terima kasih semoga dapat juara! Sumber kunci jawaban ini dikutip dari simplenews.me