­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 88 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

0
53
Kunci Jawaban Halaman 88 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
Kunci Jawaban Halaman 88 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kunci Jawaban Halaman 88 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – Pada tahun ini kita memasuki awal tahun ajar semester 1 dan semester 2 sudah menggunakan kurikulum merdeka yang resmi diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 2021 dan diterapkan 2022.

Buku siswa yang sudah banyak beredar bisa dipelajari melalui format pdf yang dapat di unduh melalui situs resmi kemdikbud secara gratis. Hal ini dilakukan agar siswa rajin belajar tidak hanya melalui buku fisik tetapi juga buku elektroniknya.

Pada Kunci Jawaban Halaman 88 Bab 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2, terdapat berbagai soal yang harus dipecahkan oleh siswa. Namun, tidak semua siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan baik tanpa bantuan jawaban.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibagikan kunci jawaban dari soal-soal SMP yang ada di Halaman 88 tersebut agar dapat membantu siswa dalam mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Di halaman 88 ini kita akan membahas mengenai Uji Kompetensi. Soalnya berasal dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 kurikulum merdeka pada Bab 4 Kebinekaan Indonesia.

Kunci jawaban alternatif ini bertujuan sebagai panduan belajar adik-adik di rumah maupun disekolah. Bisa ditemani dengan kakak maupun orang tua saat mengoreksi isi jawaban. Lebih lengkapnya mari kita simak dibawah ini.

Kurikulum Merdeka Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 Halaman 88

Uji Kompetensi

1.Selama ini ada anggapan bahwa laki-laki selalu lebih kuat dibanding perempuan. Karena itu dalam memilih pimpinan seperti ketua kelas, ketua kelompok, kepala desa, hingga kepala daerah dan kepala negara sering mementingkan yang laki-laki, walaupun ada perempuan yang baik untuk menjadi pemimpin. Ada yang menggunakan ayat agama yang menyebutkan ‘laki-laki itu pemimpin perempuan’ sebagai alasan, walaupun ada ayat yang juga sangat jelas bahwa’yang paling mulia di sisi Tuhan adalah yang bertakwa’ baik perempuan atau laki-laki. Bagaimana pandangan kalian tentang itu? Lalu bagaimana caranya meningkatkan kesadaran gender?

Jawaban:

Pandangan mengenai hal tersebut yakni pada saat ini lebih melihat kemampuan, kecakapan seseorang dalam menangani sebuah pekerjaan, hal ini menjadi lebih utama dibandingkan gender. Jadi di satu tempat tidak selalu laki-laki yang menjadi pemimpin misalnya terdapat ketua kelas wanita, ini menunjukkan dikelasnya dia dipercaya dapat melaksanakan itu dengan baik. Untuk meningkatkan kesadaran gender, perlu adanya sosialisasi terkait kesataraan gender. Sehingga hal tersebut dapat membuka wawasan pikiran untuk tidak selalu memandang bahwa laki-laki lebih hebat dibanding perempuan.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 42 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

2.Ada orang-orang di beberapa daerah yang mengajak warga setempat untuk menolak pendatang, seolah-olah Tuhan menciptakan bumi ini hanya mereka sendiri. Padahal banyak warga pendatang telah berjasa untuk ikut memajukan daerah tersebut baik secara sosial seperti di bidang pendidikan dan kesehatan, serta pembangunan dan ekonomi. Bagaimana menyadarkan masyarakat bahwa beragamnya warga termasuk para pendatang akan membuat daerah tersebut maju, sedangkan menolak keragaman penduduk akan membuat suatu daerah akan terus terbelakang?

Jawaban:

Peran pemimpin desa atau daerah setempat sangatlah penting untuk mengedukasi warga, bahwa dunia akan terus melangkah maju, dan suatu saat mereka akan membutuhkan hal tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk kemajuan daerah secara umum, dan peningkatan ekonomi masyarakat. Dengan adanya pendatang justru dapat mempermudah pemerintah dalam memberikan bantuan teknologi ataupun sarana prasarana bagi daerah pelosok.

3.Setiap umat beragama harus sangat yakin dengan ajaran agamanya masing-masing. Namun setiap pemeluk suatu agama juga harus menghormati pemeluk agama lain karena agama juga mengajarkan bahwa ‘bagiku agamaku, dan bagimu agamamu’. Bagaimana kalian menjalankan dua prinsip itu?

Jawaban:

Ketika menjalankan agama yang sudah dipercaya dan dianut maka harus sepenuh hati. Namun hal tersebut tidak membuat rasa toleransi terhadap agama lain menjadi berkurang. Toleransi beragama tersebut dapat dilakukan dengan cara menghormati dan tidak menggangu ketika agama lain sedang berdo’a maupun beribadah. Dua prinsip tersebut harus dipegang tanpa melanggar norma agama satu sama lain, karena masing-masing punya kepercayaan. Sehingga tidak akan terjadi perpecahan dan tidak ada pihak yang dirugikan.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 204-207 Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah berusaha untuk memberikan jawaban yang tepat untuk soal-soal yang ada di halaman 88 buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 7 SMP kurikulum merdeka semester 1 dan 2. Kami berharap bahwa jawaban ini dapat membantu siswa dalam mempelajari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan meningkatkan hasil belajarnya.

Namun, kami ingatkan bahwa jawaban ini hanyalah sebagai bantuan dan bukan sebagai satu-satunya sumber belajar. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk terus belajar dan berlatih agar dapat menguasai materi dengan baik.

Selamat belajar dan dapatkan nilai bagus dari situs ini. Terima kasih semoga dapat juara! Sumber kunci jawaban ini dikutip dari simplenews.me