­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 14 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

0
45
Kunci Jawaban Halaman 14 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
Kunci Jawaban Halaman 14 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kunci Jawaban Halaman 14 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka – Pada tahun ini kita memasuki awal tahun ajar semester 1 dan semester 2 sudah menggunakan kurikulum merdeka yang resmi diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 2021 dan diterapkan 2022.

Buku siswa yang sudah banyak beredar bisa dipelajari melalui format pdf yang dapat di unduh melalui situs resmi kemdikbud secara gratis. Hal ini dilakukan agar siswa rajin belajar tidak hanya melalui buku fisik tetapi juga buku elektroniknya.

Pada Kunci Jawaban Halaman 14 Bab 1 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2, terdapat berbagai soal yang harus dipecahkan oleh siswa. Namun, tidak semua siswa mampu menyelesaikan soal tersebut dengan baik tanpa bantuan jawaban.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibagikan kunci jawaban dari soal-soal SMP yang ada di Halaman 14 tersebut agar dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam.

Di halaman 14 ini kita akan membahas mengenai Aktivitas 1.6. Soalnya berasal dari buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 kurikulum merdeka pada Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Kunci jawaban alternatif ini bertujuan sebagai panduan belajar adik-adik di rumah maupun disekolah. Bisa ditemani dengan kakak maupun orang tua saat mengoreksi isi jawaban. Lebih lengkapnya mari kita simak dibawah ini.

Kurikulum Merdeka Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Halaman 14

Ayo Amati Aktivitas 1.6

Berdirilah di halaman sekolah atau rumah kalian, lalu perhatikan keadaan di sekeliling kalian. Catatlah dua pengamatan yang kalian lakukan dengan menggunakan alat indra yang berbeda.

Jawaban:

Pengamatan adalah proses pengambilan data yang didapatkan berdasarkan kejadian yang teramati. Jenis pengamatan ada 2 yaitu pengamatan kualitatif dan kuantitatif. Pengamatan kuantitatif adalah pengamatan yang berdasarkan hasil pengukuran angka. Pengukurannya dilakukan dengan menggunakan alat ukur. Tujuannya agar hasil pengamatan yang dilakukan lebih tepat, teliti dan akurat. Data yang dihasilkan dari penelitian kuantitatif dinyatakan dengan angka-angka.

Apabila data yang diamati berupa satuan waktu, berat, panjang, dan pengukuran lainnya, maka untuk pengambilan data kuantitatif harus menggunakan alat ukur dan satuan pengukuran yang bersifat universal artinya berlaku dan dapat diterima di seluruh dunia. Sebagai contoh adalah untuk mengukur panjang, maka dilakukan pengukuran menggunakan satuan meter bukan dengan jengkal.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 10 11 Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Berikut ini contoh pengamatan kuantitatif yang dibantu dengan menggunakan alat ukur agar hasil pengamatan lebih teliti dan akurat, antara lain:

a. Mengamati pertumbuhan pada kecambah. Maka, pengamat dapat mengukur menggunakan alat ukur, berapa milimeter pertumbuhan kecambah setiap harinya.

b. Mengukur panjang meja. Maka, pengamat dapat menggunakan alat ukur meteran ataupun mistar.

c. Mengukur berat. Maka, pengamat dapat menggunakan alat ukur timbangan atau neraca untuk mengukur berat.

d. Mengukur suhu. Maka, pengamat dapat mengukur menggunakan alat termometer.

e. Mengamati kelembapan udara. Maka, pengamat dapat menggunakan alat ukur Higrometer.

f. Mengukur volume zat cair. Maka, pengamat dapat menggunakan alat ukur gelas ukur.

Sedangkan pengamatan kualitatif dilakukan dengan tanpa menggunakan angka, sebab objek yang diamati tidak dapat diukur menggunakan besaran angka, melainkan sifat-sifat objek yang diamati, misalnya ketika menentukan bau, warna, bentuk dan lainnya. Pengamatan kualitatif dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat indra.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 71 72 Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Beberapa contoh pengamatan kualitatif menggunakan alat indra yaitu:

a. Indra penglihatan. Pengamatan yang dilakukan menggunakan indra penglihatan misalnya mengamati benda-benda mana saja yang bentuknya tampak besar dan kecil.

b. Indra pembau. Pengamatan yang dilakukan menggunakan indra pembau misalnya mencium beberapa jenis aroma masakan.

c. Indra pendengaran. Pengamatan yang dilakukan menggunakan indra pendengaran misalnya mengenali penyanyi dari suaranya.

d. Indra peraba. Pengamatan yang dilakukan menggunakan indra peraba misalnya membedakan permukaan halus dan kasar pada beberapa jenis buah-buahan.

e. Indra pengecap. Pengamatan yang dilakukan menggunakan indra pengecap misalnya mencicipi beberapa jenis buah dengan mata tertutup.

Tugas: Catatlah dua pengamatan yang kalian lakukan dengan menggunakan alat indra yang berbeda.

Nah, disini adik-adik dapat menjawab sesuai pengamatan yang ada di sekitar kalian. Misalnya, mengamati objek bunga mawar. Maka, adik-adik dapat mencatat.

– Warna bunga mawar: merah, putih, merah muda atau warna lainnya.

– Bau bunga mawar: harum.

– Batang bunga mawar terdapat duri.

– Daun bunga mawar berbentuk menyirip.

– Di bagian mahkota terdapat 4 sampai 5 helai mahkota.

– Tinggi pohon mawar 2-5 meter, dan seterusnya.

BACA JUGA: ­čîčAlternatif Kunci Jawaban Halaman 127 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah berusaha untuk memberikan jawaban yang tepat untuk soal-soal yang ada di halaman 14 buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas 7 SMP kurikulum merdeka semester 1 dan 2. Kami berharap bahwa jawaban ini dapat membantu siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam dan meningkatkan hasil belajarnya.

Namun, kami ingatkan bahwa jawaban ini hanyalah sebagai bantuan dan bukan sebagai satu-satunya sumber belajar. Oleh karena itu, siswa diharapkan untuk terus belajar dan berlatih agar dapat menguasai materi dengan baik.

Selamat belajar dan dapatkan nilai bagus dari situs ini. Terima kasih semoga dapat juara! Sumber kunci jawaban ini dikutip dari simplenews.me